Membuahkan Tanaman Jeruk Pamelo Madu dengan Pemangkasan

 Pemangkasan atau biasa disebut pruning biasa dilakukan pada tanaman buah, entah itu tanaman buah pada masa vegetatif atau pada masa generatif.

Begitu juga pada tanaman jeruk pamelo madu, pemangkasan penting dilakukan terutama untuk tanaman yang sudah berumur produktif untuk memacu pembuahan.


Pada tanaman jeruk pamelo madu pemangkasan bisa dilakukan 2 tahap

1. Tahap Pertama 

pemangkasan dilakukan saat tanaman jeruk pamelo madu masih usia Vegetatif atau usia muda sebelum produksi, hal ini dilakukan untuk membentuk tajuk dan merapikanya, karena cabang yang menjalar panjang biasanya mudah patah sehingga perlu dipotong supaya percabanganya lebih kuat.

selain itu pembentukan tajuk pada awal masa pertumbuhan berfungsi untuk memperbanyak cabang utama, pemangkasan tahap awal ini biasa dilakukan pada tanaman umur 1 tahun.




2. Tahap Kedua

Pemangkasan tahap kedua ini dilakukan pada tanaman jeruk pamelo madu usia produktif antara 2 sampai 10 tahun. pemangkasan ini dilakukan untuk merangkasang munculnya bunga pada ranting ranting tanaman jeruk pamelo yang sudah produktif. pemangkasan uini bertujuan menyetop sementara waktu perkembangan vegetatif pada tanaman sehingga memacu perkembangan generatif pada tanaman jeruk pamelo madu.






Satu bulan setelah Pemangkasan dilakukan pada tanaman jeruk pamelo usia produktif biasanya akan tumbuh tunas baru disekitar bekas pangkasan disertai dengan munculnya bakal buah.. itulah fungsi penting dari pemangkasan atau pruning pada tanaman jeruk pamelo madu.


Selain membuat tanaman jeruk pamelo rapi juga bisa memacu pembuahan.
Tapi perlu diingat juga bahwa saat melakukan pruning harus disertai dengan pemupukan dengan dosis yang cukup


Post a Comment

Previous Post Next Post